Green Belt Application – Kawasan Rumah Sakit Eco-Friendly Dan Eco-Efficient Untuk Mengobati Pasien Dan Merawat Bumi

healthcaremagazinephoto credit: Health Care Magazine

This is my first abstract about green and eco-friendly construction applied to a hospital. I proposed it to a research writing competition in 2012 but I forget what the name of the competition is. Wholly original thought of mine. Be careful to quoted or sited  with full credit to me.

KAWASAN RUMAH SAKIT ECO-FRIENDLY DAN ECO-EFFICIENT UNTUK MENGOBATI PASIEN DAN MERAWAT BUMI

 

ABSTRAK

Bangunan Eco-Friendly yang sudah lumayan banyak diterapkan di Indonesia dan Negara lain adalah bangunan kantor, sekolah, kampus, dan bahkan perpustakaan yang ramah lingkungan dengan konsep Eco-Friendly. Namun, masih jarang yang menggunakan konsep Eco-Friendly untuk bangunan rumah sakit. Dari sini kami mencoba untuk mengimplementasikan konsep tersebut pada rumah sakit, selain dapat merawat bumi dari polusi akibat suatu bangunan, rumah sakit ini juga dapat membuat pasien atau penghuni di dalamnya merasa betah tinggal disini.

Penerapan konsep Green Building mulai dari perancangan, pembangunan, pengoperasian, serta dalam pemeliharaannya, dan berdasarkan kaidah pembangunan berkelanjutan. Dimulai dari penentuan lokasi pembangunan, kami menggunakan lahan ibu kota Jakarta melihat urgensinya sebagai kota yang produktif terhadap polusi. Kemudian pembangunan kami lebarkan sampai wilayah seluas 150 hektar sehingga memeberikan banyak lahan untuk ditanami pepohonan. Material bangunan yang kami gunakan didominasi oleh kayu, dan sisanya menggunakan semen, agregat alami, dan material berbahan kimia sangat rendah. Luas bukaan pada rumah sakit ini sebesar 50% yang difokuskan pada ruangan dengan zona beresiko rendah dan sedang, seperti misalnya ruang rawat inap penyakit tidak menular, ruang kerja dokter dan pegawai rumah sakit lainnya. Ruangan pada zona tersebut kami buat seperti menyatu dengan alam untuk memberikan ventilasi optimal dan efiesiensi penggunaan energi listrik yang minimal. Pada operasionalnya, kami menggunakan green belt dengan pepohonan disekeliling bangunan untuk menambah kesejukan udara dan meminimalisir kebisingan. Keseluruhan kawasan rumah sakit ini diselimuti dengan kawat kasa pada bagian terluar untuk menjamin sterilnya udara. Kemudian sisa konsep bangunan sesuai dengan persyaratan bangunan rumah sakit pada umumnya.

Sustainable development pada rumah sakit ini bisa dilihat salah satunya dari penggunaan papercrete sebagai material dinding.

Kesimpulannya, konsep Eco-Friendly dan Eco-Efficient kami memenuhi kriteria-kriteria berupa efisiensi energi dan konservasi, tata guna lahan, sumber dan siklus material, manajemen lingkungan bangunan, konservasi air, dan kualitas udara dan kenyamanan ruangan.

 

Kata kunci: rumah sakit, Eco-Friendly, Eco-Efficient, Sustainable Development, green belt

Odense-University-Hospital-by-Henning-Larsen-ArchitectsPhoto credit: Henning Larsen Arch.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s