Indocement Award 2012 – Inovasi Desain Pasar Tradisional dengan Fokus Green Building dan Arsitektur Khas Nusantara

walk fly pinoyphoto credit as tagged, reference of Kuala Lumpur Central Market

I proposed full paper for Indocement Award 2012. Now, I only openly published the abstract. For full thought, we can discuss through my contact. Fell free to join my project! 🙂

ABSTRAK

Pasar tradisional bukan hanya sebagai tempat untuk memenuhi kebutuhan para konsumen atau customer dalam produk konsumsi maupun kebutuhan sehari-hari, tetapi juga sebagai fasilitas yang krusial untuk memenuhi lapangan pekerjaan bagi mereka yang berprofesi sebagai pedagang bermodal kecil, petani, maupun nelayan.

Seiring pesatnya infrastruktur dan modernisasi negara, banyak berdiri pasar-pasar swalayan seperti supermarket sebagai daya tarik yang lebih memikat bagi para konsumen. Hal ini semakin mempersulit persaingan pasar para pedagang, dilihat dari para pemodal pasar swalayan adalah perusahaan besar.

Selain itu, berdampak pada semakin frustasinya pengguna fasilitas pasar tradisional yang menyebabkan ketidak aturan tata letak pasar, kebersihan lokasi, yang berpengaruh juga pada ketertiban lalu lintas dan transportasi sekitar lokasi, serta semakin menurunnya konsumen pasar tradisional.

Dari latar belakang masalah diatas, penulis mendapat ide untuk membuat suatu perbaikan pasar tradisional mulai dari desain bangunan, tata letak, sistem dan arus aktifitas, serta kebijakan-kebijakan yang berpengaruh terhadap alur aktifitas pasar tradisional.

Dengan menitik beratkan pada konsep green community, penulis memulai inovasi dengan penerapan green building pada bangunan pasar tradisional. Lebih lanjut, pasar tradisional inovasi kami akan berlokasi di dalam sebuag bangunan tingkat yang terbuka sehingga memungkinkan untuk tidak dipergunakannya banyak listrik. Tata letak di dalam maupun di luar bangunan pasar di desain dengan kriteria bangunan Eco-Efficient sehingga dapat memperbaiki arus aktifitas di dalam pasar dan arus transportasi di sekitar lokasi pasar.

Sehingga diharapkan inovasi bangunan sebagai fasilitas pasar tradisional ini tidak hanya dapat memperbaiki image pasar tradisional belakangan ini, namun juga membantu ketersediaan lapangan pekerjaan yang memadai bagi para pedagang dengan modal kecil. Manfaat besar yang didapat secara tidak langsung adalah terbantunya perekonomian dan pendapatan masyarakat dalam negeri.

Kata kunci : pasar tradisional, green community, green building, eco-efficient

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s